Manfaat Daun Kelor

Tumbuhan dengan nama latin Moringa oleifera ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, masih ada banyak manfaat lain, yang bisa didapat dari mengkonsumsi daun kelor. Tanaman dengan bentuk daun bulat kecil-kecil bersusun majemuk ini biasa dimasak sebagai sayur.
Berikut adalah khasiat daun kelor :

1. Kaya Antioksidan
Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi melawan radikal bebas dalam tubuh.
Tingkat radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang dikaitkan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.  Beberapa senyawa tumbuhan antioksidan telah ditemukan di daun kelor. Banyaknya kandungan antioksidan di daun kelor ini juga membantu menurunkan tekanan darah.

2. Mengurangi Peradangan
Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera.
Ini adalah mekanisme perlindungan yang penting, tetapi dapat menjadi masalah kesehatan utama jika berlanjut dalam waktu lama. 
Bahkan, peradangan berkelanjutan terkait dengan banyak masalah kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.
Kelor, sayuran lain, buah-buahan dan rempah-rempah diyakini mengandung isothiocyanate, yang merupakan sumber anti-inflamasi utama. 

3. Menurunkan Kolesterol
Kolesterol yang tinggi lebih rentan terkena penyakit jantung.
 Studi yang telah dilakukan terhadap hewan dan manusia menunjukkan bahwa daun kelor dapat menurunkan kadar kolesterol, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. 

4. Melindungi Terhadap Toksisitas Arsenik
Kontaminasi arsenik pada makanan dan air adalah masalah di beberapa bagian dunia.
Beberapa jenis beras dapat mengandung kadar arsenik yang tinggi.
Bila terpapar dalam jangka panjang, maka kesehatan tubuh dapat terganggu.
Beberapa penelitian pada tikus dan hewan pengerat lainnya menunjukkan bahwa daun dan biji kelor dapat melindungi terhadap beberapa efek toksisitas arsenik.
Namun, studi ini belum dilakukan terhadap manusia. (*)

5. Mampu Menurunkan Kadar Gula dalam Darah
Gula darah yang tinggi adalah karakteristik utama diabetes dan mempertinggi risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Studi yang dilakukan pada manusia masih sedikit dan berkualitas rendah.
Satu penelitian pada 30 wanita menunjukkan bahwa mengkonsumsi 1,5 sendok teh (7 gram) serbuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan, dapat mengurangi kadar gula darah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Simplisia Radix

Simplisia